ASURANSI ASKRIDA


ASURANSI PERJALANAN ASKRIDA SYARIAH merupakan suatu produk asuransi perjalanan Askrida
Syariah yang memberikan perlindungan bagi peserta dalam melakukan treveling ataupun
melaksanakan ibadah umroh sehingga lebih nyaman dan aman dalam melakukan perjalanan.
ALASAN MEMILIH ASKRIDA SYARIAH SEBAGAI MITRA TRAVEL ANDA :
1. Kebersamaan untuk saling membantu. Risiko yang terjadi pada satu peserta akan disebarkan
kepada banyak peserta yang lainnya.
2. Keberlanjutan pelayanan. PT. Asuransi Askrida Syariah akan memberikan pinjaman kepada Dana
Bersama yang dikelola perusahaan apabila Dana Bersama mengalami defisit anggaran.
3. Transparansi. Keseluruhan mekanisme pengelolaan dilakukan secara transparan diawasi oleh
Otoritas Jasa Keuangan dan Dewan Pengawas Syariah dengan rekomendasi Majelis Ulama
Indonesia.
4. Manfaat Asuransi Luas. Memiliki paket asuransi travel umroh yang ekonomis dengan manfaat
yang luas dan komprehensif sehingga dapat memenuhi segala kebutuhan peserta.
5. Easy Claim. Kemudahan dalam proses dan penggantian klaim
6. World Wide Coverage. Cover asuransi berlaku di seluruh dunia.
ASURANSI UMROH & HAJI ASKRIDA SYARIAH
Salah satu produk asuransi perjalanan Askrida Syariah yang memberikan perlindungan bagi peserta
dalam melakukan ibadah umroh & haji sehingga peserta dapat melaksanakan ibadah dengan
nyaman dan khusyu’.

No

 

 

Manfaat

 

 

 

 

LIMIT JAMINAN

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yellow

Brown

Silver

Gold

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

1.

Kematian & Cacat Tetap Akibat

50,000,000

75,000,000

100,000,000

150,000,000

 

Kecelakaan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2.

Biaya perawatan medis di Luar

Max. 100,000,000

Max. 100,000,000

Max. 100,000,000

Max. 100,000,000

 

Negeri

(akibat

 

sakit

/

 

kecelakaan) (Actual Expenses)

 

 

 

 

3.

Biaya perawatan medis lanjutan

Max. 2,000,000

Max. 2,000,000

Max. 2,000,000

Max.5,000,000

 

di Indonesia (Actual Expenses)

 

 

 

 

 

4.

Biaya

perawatan

medis

untuk

Max 10,000,000

Max 10,000,000

Max 10,000,000

Max 10,000,000

 

penyakit Khusus (Preexisting)

 

 

 

 

 

5.

Evakuasi

Medis,

Repatriasi

 

 

 

 

 

Medis

(Actual

Expenses),

dan

Max.50,000,000

Max.50,000,000

Max.50,000,000

Max.50,000,000

 

Repatriasi

Jenazah

 

(Actual

 

 

 

 

 

 

 

Expenses)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

6.

Perjalanan

Salah

Satu Keluarga

 

 

 

 

 

Dekat (termasuk

biaya tiket PP

 

Max.10,000,000

Max.15,000,000

Max.15,000,000

 

dan

biaya

 

hotel

 

max.

 

 

 

 

-

 

 

 

 

1,500,000/hari max 5 hari)

 

 

 

 

7.

Pendampingan

Anak

(termasuk

 

Max.7,500,000

Max.12,000,000

Max.12,000,000

 

biaya tiket PP dan biaya hotel

 

 

max. 1,500,000/hari max 5 hari)

 

 

 

 

8.

Pembatalan  Perjalanan

(Actual

Max.20,000,000

Max.20,000,000

Max.20,000,000

Max.20,000,000

 

Expenses)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

9.

Pengurangan Perjalanan (Actual

 

Max.1,500,000

Max. 2,500,000

Max.3,000,000

 

Expenses)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

10.

Penundaan

Perjalanan

(Actual

 

Max.3,000,000

Max.5,000,000

Max.5,000,000

 

Expenses)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11.

Keterlambatan Pemberangkatan

 

500,000/6jam

500,000/6jam

500,000/6jam

 

(lebih dari 6 jam/6 jam)

 

 

 

Max.1,500,000

Max.1,500,000

Max.1,500,000

 

 

 

 

-

 

 

 

12.

Tertinggal

Perjalanan

Lanjutan

500,000/6jam

500,000/6jam Max.

500,000/6jam

 

(lebih dari 6 jam/6 jam)

 

 

 

Max.2,000,000

2,000,000

Max.4,000,000

 

 

 

 

 

 

13.

Pembajakan Pesawat Terbang -

 

500,000/hari

500,000/hari

500,000/hari

 

Masa Tungggu 12 Jam

 

 

 

 

Max.2,000,000

Max.2,000,000

Max.4,000,000

 

 

 

 

 

 

 

 

14.

Keterlambatan

 

Kedatangan

 

Max.1,000,000

Max.2,000,000

Max.2,000,000

 

Bagasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

15.

Kehilangan

 

bagasi

 

atau

500,000/Kg

500,000/Kg

500,000/Kg Max.

500,000/Kg

 

Kerusakan Barang Bagasi

 

 

Max.5,000,000

Max.5,000,000

5,000,000

Max.7,500,000

 

 

 

 

 

 

 

 

16.

Kehilangan Air zam-zam

 

 

 

Penggantian Max.

Penggantian Max.

Penggantian Max.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

500,000

500,000

500,000

 

 

 

 

 

 

17.

Kehilangan dokumen perjalanan

-

Max.1,000,000

Max. 1,000,000

Max.2,000,000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

18.

Biaya

Telepon

Darurat

(Actual

 

Max.500,000

Max.500,000

Max.500,000

 

Expenses)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

19.

Pengiriman Pesan Penting

 

 

free

Free

Free

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

20.

Santunan Biaya Pemakaman

 

10,000,000

10,000,000

10,000,000

10,000,000

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

21.

Perpanjangan Periode Asuransi

 

Sampai Dengan 30

Sampai Dengan 30

Sampai Dengan 30

Sampai Dengan 30

 

 

 

Secara Otomatis

 

hari

hari

hari

hari

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sistem Pembayaran Manfaat Klaim

 

 

Cashless/ Reimbursement

 

 

KONTRIBUSI

TABEL KONTRIBUSI : PAKET UMROH & HAJI

dalam IDR

Lama Hari

Yellow

Brown

Silver

Gold

 

 

 

 

 

1 - 10 hari

50.000

60.000

75.000

95.000

 

 

 

 

 

11 - 15 hari

55.000

65.000

80.000

105.000

 

 

 

 

 

16 - 20 hari

60.000

75.000

90.000

115.000

 

 

 

 

 

21 - 25 hari

65.000

80.000

100.000

125.000

 

 

 

 

 

26 - 30 hari

75.000

90.000

110.000

140.000

 

 

 

 

 

KETENTUAN KHUSUS

  1. Pada saat berlakunya asuransi ini, Peserta harus dalam keadaan sehat, siap untuk bepergian dan sama sekali tidak menyadari adanya keadaan yang dapat menyebabkan pembatalan atau gangguan pada perjalanan. Jika Peserta tidak memenuhi ketentuan tersebut, maka klaim tidak dapat diproses lebih lanjut.

 

  1. Untuk Usia Peserta diatas 80 tahun dikenakan loading kontribusi 50%
  2. Peserta adalah Individual (Tidak ada Paket Keluarga)
  3. Lama Perjalanan Umroh & Haji Maksimal 30 Hari

 

  1. Maksimum Pemberian Manfaat Asuransi untuk Peserta apabila terjadi akumulasi risiko, setinggi tinginya sebesar

 

  1. Untuk Biaya Perawatan Medis di luar negeri Maks. Rp. 100,000,000,-
  2. Selain Biaya Perawatan Medis sesuai manfaat kematian dan cacat tetap akibat kecelakaan.
  1. Sistem Pembayaran Manfaat Secara Cashless & Reimbursement (disesuaikan benefitnya)
  2. Untuk manfaat kehilangan bagasi, Peserta harus melaporkan kehilangan dan mendapatkan surat keterangan dari polisi setempat atau pejabat yang berwenang dari pesawat udara, kapal laut atau kendaraan umum lainnya dimana Peserta bepergian.

 

  1. Paket diatas sudah sesuai standar KEMENAG
  2. Untuk Paket  standar  Yellow, Peserta  dengan usia  diatas 70 (tujuh  puluh)  tahun  manfaat

 

perawatan medis dan santunan Biaya Pemakaman dibatasi hanya sebesar nilai manfaat dikalikan persentase dibawah ini:

Usia

Persentase Manfaat

>70 – 80 Tahun

50%

>80

25%

 

CARA PEMBAYARAN
1. Masa pembayaran kontribusi dibayar penuh dimuka
2. Mata uang Rupiah
3. Pembayaran langsung ke Bank Penerima Setoran (BPS) yang sudah bekerjasama dengan
KEMENAG


PROSEDUR DAN PERSYARATAN KLAIM
1. Masa pelaporan klaim dari Peserta ditetapkan dalam jangka waktu 15 (lima belas) hari kerja
sejak tanggal terjadinya klaim.
2. Penyelesaian pembayaran klaim kepada Peserta, dilakukan dalam jangka waktu 14 (empat belas)
hari kerja sejak Klaim disetujui.
3. Dalam hal terjadi keterlambatan pembayaran kontribusi dari Travel hingga lebih dari 7 (tujuh)
hari kalender sejak tanggal jatuh tempo pembayaran, maka pembayaran klaim dihentikan
kepada Peserta untuk sementara sampai dengan diselesaikannya seluruh tunggakan kontribusi
yang ada.
SYARAT PENGAJUAN KLAIM
Syarat Umum :
1. Surat permohonan klaim yang ditandatangani oleh pemegang polis/pihak berkepentingan dan
telah diisi lengkap dan ditandatangani Pemegang Polis
2. Formulir Klaim asli yang telah diisi lengkap
3. Salinan identitas peserta terdiri dari copy KTP, Copy Tiket Penerbangan
4. Bukti pembayaran kontribusi
5. Copy Passport
6. Kronologis Kejadian
7. Dokumen pendukung klaim sesuai dengan kondisi klaim yang diajukan


PENJELASAN DARI MANFAAT ASURANSI
Peserta berhak atas pembayaran klaim dari pengelola yang dikarenakan Peserta mengalami
kerugian yang bisa terjadi selama peserta melakukan perjalanan (Internasional & Domestik)
dengan memberikan jaminan sebagai berikut :
1. Kematian & Cacat Tetap
Perlindungan terhadap risiko Kematian dan Cacat Tetap akibat kecelakaan dengan nilai
hingga sebesar 100% dari nilai pertanggungan.
2. Biaya-biaya Medis
Penggantian atas biaya-biaya medis yang dikeluarkan Peserta untuk mendapatkan
perawatan medis yang dibutuhkan akibat sakit/kecelakaan, hingga batas maksimum
manfaat sesuai dengan plan, kecuali untuk Perjalanan Domestik hanya menanggung biaya
medis yang terjadi akibat kecelakaan.
3. Biaya perawatan medis lanjutan di Indonesia (Actual Expenses)
Bagian ini juga menjamin Biaya – Biaya Medis yang timbul untuk perawatan atau perawatan
lanjutan di Indonesia akibat Cidera yang diderita Peserta ketika berada dalam perjalanan.
Batas waktu untuk mendapatkan perawatan medis tersebut adalah sebagai berikut:
? Jika perawatan medis belum didapatkan selama perjalanan, Peserta harus mencari
perawatan di Indonesia dalam waktu 12 (dua belas) jam setelah tiba kembali di
Indonesia. Sejak tanggal pertama perawatan di Indonesia, Peserta memiliki batas
maksimum sampai dengan 7 (tujuh) hari untuk melanjutkan Rawat Inap Rumah Sakit di
Indonesia atau sampai batas limit dalam Polis.
? Jika perawatan medis sudah didapatkan, Peserta memiliki batas maksimum sampai
dengan 30 (tiga puluh) hari sejak kedatangan di Indonesia untuk melanjutkan Rawat Inap
Rumah Sakit di Indonesia atau sampai dengan batas maksimum limit dalam Polis
4. Evakuasi Medis Darurat dan Repatriasi
Pengaturan dan pembiayaan evakuasi dan repatriasi apabila Peserta mengalami keadaan
darurat medis, sehingga perlu untuk segera mendapatkan perawatan medis, memindahkan
ke Rumah Sakit atau Klinik terdekat dan bila perlu memulangkan ke lokasi tempat tinggal
resmi peserta.
5. Repatriasi Jenazah
Pengaturan dan pembiayaan repatriasi jenazah untuk memulangkan jenazah Peserta
kembali ke tempat tinggal resmi peserta.
6. Perjalanan Salah Satu Keluarga Dekat/Travel of One Immediate Family Member
Memberikan manfaat berupa pengaturan atau penggantian biaya perjalanan dan akomodasi
anggota keluarga dekat yang sudah dewasa untuk mendampingi selama perawatan di
Rumah Sakit akibat penyakit atau cedera serius (tiket PP kelas ekonomi termasuk biaya hotel
1,500,000/hari maksimal 5 hari tidak termasuk makan, minum dan pelayanan lainnya)
7. Pendampingan Anak/Child Guard
Memberikan manfaat berupa pengaturan atau penggantian biaya pendampingan anak
dibawah 15 tahun yang melakukan perjalanan bersama apabila Peserta harus menjalani
perawatan di Rumah Sakit akibat penyakit atau cedera serius dan tidak ada satupun yang
menemani anak tersebut. (tiket PP kelas ekonomi termasuk biaya hotel 1,500,000/hari
maksimal 5 hari tidak termasuk makan, minum dan pelayanan lainnya)
8. Pembatalan Perjalanan / Trip Cancellation (Actual Expenses)
Memberikan manfaat berupa penggantian biaya apabila perjalanan terpaksa dibatalkan
dengan alasan yang dijamin dalam polis (sakit yang menyebabkan dirawat di RS atau
Peserta/salah satu anggota keluarga meninggal dunia) 30 hari sebelum tanggal dimulainya
perjalanan.
9. Pengurangan Perjalanan / Trip Curtailment (Actual Expenses)
Memberikan manfaat berupa penggantian selisih biaya yang telah dibayar, dengan biaya
seharusnya untuk tiket pesawat yang sama atau sejenis, apabila terjadi perubahan jadwal
setelah perjalanan dimulai.
10. Penundaan Perjalanan/Travel Postponement (Actual Expenses)
Memberikan manfaat berupa penggantian untuk penjadwalan ulang tiket penerbangan atas
biaya yang telah dikeluarkan apabila perjalanan terpaksa ditunda dengan alasan yang
dijamin dalam Polis diantaranya kecelakaan yang mengakibatkan cedera berat atau sakit
parah atau karantina wajib yang dialami jamaah sendiri, kerabat jamaah atau teman
perjalanan jamaah.
11. Keterlambatan Pemberangkatan/Flight Delay (Per 6 hour/Maximum)
Memberikan manfaat berupa pembayaran santunan apabila keberangkatan maskapai
mengalami keterlambatan lebih dari 6 jam dari jadwal sebenarnya, karena cuaca buruk,
kerusakan mekanis pesawat atau sebab lain yang dinyatakan oleh otoritas bandara setempat.
12. Tertinggal Perjalanan Lanjutan/Travel Misconnection (Per 6 Hour/Maximum)
Memberikan manfaat berupa pembayaran santunan apabila tertinggal penerbangan
lanjutan di tempat transit karena keterlambatan penerbangan terjadwal sebelumnya dan
tidak tersedia moda transportasi alternatif dalam waktu lebih dari 6 jam sejak jadwal
penerbangan lanjutan seharusnya.
13. Pembajakan Pesawat Terbang/Aircraft Hijacking (Per Day, waiting period 12 Hours Maximum)
Memberikan manfaat berupa pembayaran santunan apabila terjadi pembajakan pesawat
yang ditumpangi, sehingga terjadi gangguan perjalanan dan penundaan penerbangan lebih
dari 12 jam sejak jadwal penerbangan lanjutan seharusnya.
14. Keterlambatan Kedatangan Bagasi (Pada saat ketibaan di Saudi Arabia)/Delay in The Arrival
of Luggage (Actual Expenses)
Memberikan manfaat berupa penggantian biaya yang telah dikeluarkan untuk pembelian
kebutuhan akomodasi dasar apabila mengalami keterlambatan kedatangan bagasi lebih dari
12 jam sejak jadwal yang seharusnya pada saat ketibaan di Saudi Arabia.
15. Kehilangan Atau Kerusakan Barang Bagasi/Loss or Destruction of Baggage (Perkilo
Bobot/Maksimum) (Actual Loss)
Memberikan manfaat berupa pembayaran santunan apabila bagasi tercatat mengalami
kerusakan atau hilang yang terjadi selama penerbangan, dengan ketentuan bahwa bagasi
tidak diketemukan hingga lebih dari 7 x 24 jam sejak kejadian, kehilangan/kerusakan
tersebut berdasar pada pernyataan maskapai penerbangan.
16. Kehilangan Air Zam-Zam
Memberikan manfaat berupa penggantian air zam zam apabila mengalami kehilangan,
dengan ketentuan air zam-zam milik Peserta berada dalam pesawat yang sama ketika
Peserta kembali ke tanah air.
17. Kehilangan Dokumen Perjalanan / Loss Of Travel Document (Actual Loss)
Memberikan manfaat berupa penggantian biaya pengurusan termasuk biaya administrasi
resmi dan transportasi dokumen perjalanan (paspor, tiket, SIM Internasional, Visa ) yang
hilang dalam perjalanan diluar negeri.
18. Biaya Telepon Darurat / Emergency Telephone Charges (Actual Expenses)
Memberikan manfaat berupa penggantian biaya telepon diluar negeri yang dilakukan untuk
mendapatkan bantuan medis darurat yang dijamin dalam polis.
19. Pengiriman Pesan Penting / Relay of Urgent Messages
Memberikan manfaat berupa layanan penyampaian pesan penting sehubungan dengan
terjadinya kondisi darurat.
20. Santunan Pemakaman / Funeral Allowance (Maximum Benefit)
Memberikan manfaat berupa pemberian santunan Biaya Pemakaman yang disebabkan
meninggal dunia karena penyakit yang terjadi pada saat perjalanan ke luar negeri.
21. Perpanjangan Periode Asuransi Secara Otomatis / Automatic Extention Of Policy Period
Memberikan manfaat berupa perpanjangan periode otomatis hingga 30 hari sejak selesainya
masa asuransi Polis tanpa dikenakan kontribusi tambahan apabila harus menjalani
perawatan di Rumah Sakit di Luar Negeri karena menderita penyakit yang dijamin di dalam
polis dan atas rekomendasi tenaga medis.
22. Asuransi berlaku efektif sejak Peserta meninggalkan rumahnya
Masa Berlaku Polis asuransi efektif sejak Peserta meninggalkan rumahnya dan berakhir
sampai Peserta kembali lagi kerumahnya.


PENGECUALIAN
1. Perang, revolusi peraturan pemerintah (pengecualian ini tidak berlaku untuk risiko pasif).
Risiko pasif akan dianggap pertimbangan berlaku terhadap peserta jika terluka atau
terbunuh karena secara tidak sengaja berada pada tempat dimana terjadi pemogokan,
kerusuhan dan pergolakan masa.
2. Terorisme dan sabotase.
3. Percobaan bunuh diri, sengaja melukai diri sendiri atau tindakan yang dapat membahayakan
diri sendiri yang dilakukan oleh peserta.
4. Pengaruh nuklir atau bahan radio aktif lain.
5. Partisipasi peserta dalam tindakan kriminal atau tindakan melanggar hukum.
6. Penyakit kelamin, AIDS atau penyakit yang berhubungan dengan AIDS.
7. Alkohol dan penyalahgunaan obat-obatan.
8. Segala kondisi penyakit yang telah diderita sebelumnya (pre-existing condition)
Pre-existing Condition adalah kondisi medis apapun yang telah didiagnosa atau yang
membutuhkan perawatan medis sebelum tanggal masuk asuransi meskipun perawatan
belum atau sudah dilakukan, baik kondisi tersebut sudah diketahui oleh Peserta ataupun
tidak. Penyakit Pre-existing yang tidak termasuk dalam pengecualian akan dijamin pada
bulan ke-13 setelah tanggal Polis terbit. Penyakit yang termasuk ke dalam penyakit Preexisting
adalah :
a. Batu dalam sistem saluran kemih, gagal ginjal kronis, Batu atau radang pada kandu ng
Empedu;
b. Tekanan Darah Tinggi, Penyakit Jantung dan Pembuluh Darah (kardiovaskuler), Penyakit
Pembuluh Darah Otak (Cerebro Vasculer Disease); Kelainan Darah
c. Katarak;
d. Semua jenis Kanker/ Tumor/ Polip/ Kista selain kista pada alat reproduksi/ benjolan
termasuk benjolan apapun dipayudara;
e. Keadaan rongga hidung atau sinus yang membutuhkan pembedahan, kelainan pada
sekat Rongga Hidung (Nasal Septum), tulang-tulang Turbin (Turbinate), Peradangan
Tonsil;
f. Segala jenis Hernia, Wasir (Haemorrhoid), Fistula, Hidrocele, Varicocele;
g. Kencing manis (Diabetes Melitus), Pembesaran kelenjar gondok (Hipertiroid),
kekurangan hormone tiroid (Hipotiroid);
h. Hepatitis;
i. Radang atau tukak pada lambung atau pada usus dua belas jari termasuk appendicitis
j. Radang persendian (rheumatic/ gout ) gangguan tulang persendian dan penyakit otot
lainnya;
k. TBC, Asma;
l. Epilepsi (Ayan);
m. Penyakit-penyakit degeneratif, misalnya : Spondhilloarthrosis, Ostheoporosis
9. Olahraga dan aktivitas yang profesional dan berbahaya, seperti balap (kecuali balap lari),
olahraga bermotor, mountaineering, aktivitas bawah laut, rafting, bungy jumping, olahraga
musim dingin, olahraga udara, dan terbang sebagai pilot atau kru pesawat.
10. Perjalanan secara khusus untuk mendapatkan pengobatan medis.
11. Cedera yang diakibatkan oleh keikutsertaan dalam perang atau pemberontakan.
12. Perbuatan/tindakan yang melawan hukum yang dilakukan oleh peserta.
13. Percobaan bunuh diri, sengaja melukai diri sendiri atau tindakan yang dapat membahayakan
diri sendiri yang dilakukan oleh peserta.
14. Insiden yang melibatkan penggunaan narkoba kecuali diresepkan oleh dokter.
15. Pemindahan peserta dari satu fasilitas medis ke fasilitas medis lainnya dengan kemampuan
dan tingkat perawatan yang sama tanpa otorisasi medis.
16. Luka ringan, cedera biasa seperti keseleo, patah tulang biasa atau penyakit ringan yang
dapat diobati oleh dokter setempat dan tidak menghalangi Peserta untuk meneruskan
perjalanannya atau kembali ke rumah.
17. Kehamilan dengan masa lebih dari 6 bulan.
18. Gangguan mental atau saraf
19. Tidak menjamin pembatalan/penundaan perjalanan karena ijin/visa tidak keluar
20. Perjalanan kurang dari 150 km dari tempat tinggal resmi peserta.

Kembali


Copyright © 2019 Kreasi Digital Sinergi. All Rights Reserved