7 Hal yang Harus Disiapkan Untuk Ibadah Umrah Bersama Dengan Keluarga

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 19 September 2024, 16:00:56

Bagi kaum muslim, menjalankan ibadah umrah merupakan hal yang dinantikan. Banyak keutamaan yang ada pada ibadah umrah, diantaranya Anda akan menjadi ‘tamu di rumah Allah|Baitullah’ di tanah suci yakni kota Makkah dan Madinah. Anda bisa beribadah dengan tenang dan khusyu’ di Masjidil Haram, lebih mendekatkan diri pada Allah, mendapat kebaikan yang berlipat ganda, berdoa di tempat yang mustajab, ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW di Masjid Nabawi, dan masih banyak lagi keistimewaan yang akan Anda dapatkan.

22.jpg

Photo by Octav Cado on Unsplash

Apalagi jika bisa menunaikannya bersama keluarga terdekat, tentu lebih menggermbirakan. Merasakan beribadah di Baitullah ditemani orangtua, suami atau istri, juga dengan anak-anak. Tentunya, banyak persiapan yang harus dilakukan supaya perjalanan umrah bisa berjalan dengan lancar sesuai dengan harapan.

Nah, bagi Anda yang ingin menunaikan umrah bersama keluarga, berikut ini akan kita bahas beberapa tips persiapan umrah sekeluarga. Yuk, simak selengkapnya!

Niat Umrah Sekeluarga

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah niat untuk beribadah umrah. Tentu, Anda harus berkomunikasi dengan anggota keluarga Anda agar masing-masing berniat untuk pergi beribadah umrah. Kesamaan niat tersebut akan lebih mewujudkan impian Anda untuk bisa melaksanakan ibadah umrah bersama keluarga.

Bayangkan, apabila hanya Anda yang berniat untuk umrah, sedangkan keluarga Anda ternyata yang belum memiliki niat umrah. Ingat, pergi beribadah ke Baitullah tak hanya soal kesiapan materi, namun juga kesiapan batin. Dan Allah hanya ‘mengundang’ seorang muslim yang sudah memiliki dua kesiapan tersebut.

Jadi, cek apakah Anda dan keluarga telah sama-sama memiliki niat untuk beribadah umrah ya!

Persiapkan Dana yang Cukup

Niat saja tak cukup, maka perlu diimbangi dengan ikhtiar yaitu menyiapkan sejumlah dana yang dapat menghantarkan Anda sekeluarga berangkat umrah. Apalagi jika yang pergi dua orang atau lebih, makin banyak anggota keluarga yang ikut, maka dana yang harus dibayarkan juga semakin meningkat. Maka, Anda perlu merencanakan untuk persiapan biaya tersebut.

23.jpg

Photo by Micheile Henderson on Unsplash

Misalnya dengan membuka tabungan khusus umrah. Hitung berapa anggaran dana yang diperlukan untuk bisa pergi umrah bersama keluarga. Jika rata-rata biaya yang dikeluarkan untuk umrah sekitar 25 juta rupiah, tinggal dihitung berapa jumlah anggota keluarga yang ikut. Anda dapat memilih paket-paket umrah keluarga yang bisa menghemat biaya yang harus Anda keluarkan.

Tentu saja, Anda bisa mencoba tabungan umrah dengan nominal semampu Anda diawal. Dengan cara ini, Anda telah menunjukkan usaha dan kesungguhan Anda kepada Allah agar dimampukan untuk berangkat umrah. Bukankah Allah yang Maha Mencukupkan? Sudah banyak diceritakan, bagaimana Allah memberikan kemampuan siapa saja yang Dia undang ke tanah suci. Dan berapa banyak orang yang sebenarnya mampu, tapi tak kunjung juga pergi umrah?

Menyiapkan Dokumen dan Paspor

Semakin banyak anggota keluarga yang turut serta dalam perjalanan umrah, maka semakin banyak pula dokumen yang harus Anda persiapkan. Sebaiknya, cari informasi dan catat dokumen apa saja yang diperlukan untuk mendaftarkan diri menjadi calon jamaah umrah. Anda bisa menggali informasi yang lengkap di internet, atau bertanya ke biro travel umrah yang terpercaya.

Mengapa Anda perlu membuat daftar dokumen yang diperlukan? Supaya Anda tak perlu bolak-balik saat mengurus dokumen Anda dan keluarga. Tulislah ceklist yang mempermudah Anda mengecek apakah dokumen yang dibutuhkan sudah komplit atau belum. Anda juga perlu membuat paspor jauh-jauh hari, karena hal tersebut juga memakan waktu. Persiapan yang sungguh-sungguh akan memudahkan Anda sekeluarga untuk berangkat umrah dengan lancar.

Cek Kondisi Kesehatan Keluarga

Kesehatan fisik sangatlah perlu untuk dipastikan, sebelum menunaikan umrah dengan keluarga. Karena sebagian besar aktifitas, baik itu rukun maupun ibadah lain di tanah suci merupakan ibadah fisik yang butuh kondisi tubuh yang kuat. Belum lagi perjalanan Indonesia-Makkah, Makkah-Madinah, dan seterusnya yang juga menguras tenaga.

21.jpg

Photo by Naassom Azevedo on Unsplash

Tidak hanya kesehatan pribadi, namun setiap anggota keluarga perlu dipastikan kondisi kesehatannya. Ketahui, apakah anggota keluarga ada yang mempunyai riwayat sakit, alergi, atau penyakit kambuhan jadi dapat dijaga oleh anggota keluarga lain yang ikut bersamanya. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter dan memeriksakan kondisi kesehatan secara menyeluruh sebelum berangkat umrah.

Menentukan Waktu Umrah yang Tepat

Dikarenakan jadwal aktivitas yang berbeda, seperti orangtua yang harus pergi kerja, anak yang sekolah, dan seterusnya maka diperlukan pemilihan waktu yang pas untuk menunaikan umrah sekeluarga. Jangan sampai waktunya bentrok, sehingga kegiatan utama malah terabaikan.

Anda bisa memilih waktu-waktu seperti libur sekolah anak-anak saat kenaikan kelas, liburan akhir dan awal tahun, cuti kerja, sebelum dan sesudah musim haji ( agar tak terlalu ramai) atau ketika bulan Ramadhan. Agendakan waktu khusus yang disepakati agar dapat dijalani oleh seluruh anggota keluarga.

Persiapkan Barang Bawaan

Nah, jika kesiapan dokumen sudah lengkap, waktu umrah juga sudah ditentukan, saatnya Anda meluangkan waktu membuat daftar barang yang Anda dan keluarga butuhkan. Saat menyiapkan barang bawaan, pasti semua tampak penting untuk dibawa. Jadi Anda tidak sadar bahwa barang yang dibawa oleh Anda terlalu banyak bahkan overload melebihi kapasitas bagasi pesawat Anda.

Oleh karena itu, Anda harus serius memikirkan prioritas barang yang penting Anda bawa. Bawalah yang penting saja, ingat bahwa Anda bukan pindahan selamanya namun hanya melakukan perjalanan ibadah umrah. Lihat berapa bagasi yang tersedia untuk Anda. Pertimbangkan pula bahwa sepulang dari tanah suci, Anda perlu ruang jika Anda membeli oleh-oleh khas Arab untuk dibawa ke tanah air.

Banyak Berdoa dan Rajin Bersedekah

Tips terakhir yang juga penting adalah perbanyak berdoa kepada Allah SWT, agar harapan Anda tercapai untuk dapat melaksanakan ibadah umrah ke Baitullah bersama keluarga. Tugas Anda terus berikhtiar, namun Allah yang menentukan apakah Anda layak untuk diundang ke rumah Allah sebagai tamu-Nya.

24.jpg

Photo by Annie Spratt on Unsplash

Tak cukup berdoa saja, wujud ikhtiar Anda juga bisa dengan cara rajin bersedekah agar Allah mudahkan urusan Anda. Sehingga memperlancar proses Anda saat menunaikan ibadah umrah. Yakinlah bahwa Allah tak akan menyia-nyiakan usaha hamba-Nya yang serius dalam rangka menjalankan ibadah.

Itu tadi 7 tips persiapan ibadah umrah sekeluarga yang bisa Anda terapkan. Semoga dapat memperkuat niat dan menambah keseriusan Anda dalam melaksanakan ibadah ke tanah suci bersama orang-orang terdekat. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id