Simak Yuk Tips Belanja Oleh-Oleh Ketika Umrah di Makkah

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 14 Agustus 2024, 17:17:18

Setelah menjalankan ibadah umrah, kurang lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri untuk belanja oleh-oleh khas dari Arab. Biasanya, ada waktu khusus yang dijadwalkan oleh biro umrah bagi para jamaah berbelanja buah tangan sebelum pulang ke tanah air. Meskipun banyak juga toko perlengkapan dan oleh-oleh haji di tanah air, tapi lebih afdhol jika mendapatkannya langsung dari Makkah.

Nah, untuk Anda yang masih pertama kali melaksanakan ibadah umrah, tentunya tidak begitu mengetahui di mana saja sih Anda bisa belanja oleh-oleh ketika di Makkah? Padahal, terdapat beberapa pilihan pasar yang dapat Anda dijadikan referensi untuk belanja. Tentunya ini juga mengikuti dari jadwal ibadah umrah Anda, setidaknya Anda tidak perlu bingung lagi saat ingin belanja.

5.jpgPhoto by ANDREA MUSTO on Unsplash

Berikut ini tempat belanja oleh-oleh khas di Kota Makkah yang bisa Anda jadikan tujuan:

Pasar Utaibah

Tempat yang pertama adalah pasar Utaibah. Pasar Utaibah merupakan pasar tertua di Makkah yang menjadi pusat perdagangan warga Makkah. Anda bisa menjumpai berbagai macam barang dengan harga murah di pasar ini.

Pasar Utaibah terletak tiga kilometer dari Masjidil Haram, tepatnya ada di jalan Hujoon. Cukup dekat dari tempat Anda menjalankan ibadah umrah sehingga Anda tidak kesulitan menjangkaunya. Pasar ini selalu ramai dikunjungi baik waktu hari biasa maupun ketika bulan Ramadhan dan musim Haji.

Pasar ini menjadi tempat yang paling disukai bagi warga Makkah dan jamaah umrah. Bagaimana tidak, harga produk yang ditawarkan di pasar Utaibah bisa dikatakan sangat terjangkau dibandingkan dengan harga yang ditawarkan di mal Makkah.

Untuk barang yang serupa, harga di mal Makkah bisa mencapai 5 kali lipat lebih tinggi dari harga di Pasar Utaibah. Sebagai gambaran, misalnya harga suatu barang di mal 400 riyal, maka harga di Pasar Utaibah bisa didapatkan cuma 70 riyal saja!

Pasar Ja’fariyah

Tempat belanja oleh-oleh yang lain di sekitar Masjidil Haram adalah Pasar Ja’fariyah. Anda dapat berbelanja macam-macam cinderamata yang bisa dijadikan buah tangan untuk keluarga di tanah air. Pasar Ja’fariyah selalu ramai dikunjungi, jadi pastikan Anda meluangkan diri untuk mampir ke Pasar Ja’fariyah saat mengunjungi Makkah.

Pasar Hijaz

Ingin berbelanja barang bermerek di Mekkah? Pasar Hijaz tempatnya. Pasar Hijaz terkenal menawarkan barang-barang bermerek yang tentunya berkualitas, baik produk lokal maupun merek internasional. Tak heran kalau Pasar Hijaz dikenal dengan kemewahan tempatnya.

bukan hanya itu, Pasar yang bertempat di Jalan Makkah-Jeddah ini juga menjual aneka olahan makanan yang bervariasi dari penjuru dunia. Sempatkan berkunjung ke pasar Hijaz untuk mendapat pengalaman belanja ketika di Arab Saudi.

Pasar Aziziyah

Pasar Aziziyah berlokasi agak jauh dari kota Makkah, tepatnya di distrik Aziziyah. Meskipun begitu, Anda bisa tetap berkunjung dengan transportasi darat.

Bisa dibilang, Pasar Aziziyah adalah pasar paling besar di kota Makkah. Aneka kebutuhan seperti perlengkapan rumah tangga, alat elektronik, dan tentu saja oleh-oleh khas Arab Saudi dapat Anda temukan di sini.

Pasar Syar’i Al- Hajj

Terakhir, Anda dapat berkunjung ke pasar Syar’i Al- Hajj. Anda bisa menemukan aneka barang keperluan rumah tangga dengan harga terjangkau di pasar Syar’i Al-Hajj. Misalnya sajadah, yang tentunya cocok Anda jadikan sebagai oleh-oleh umrah.

6.jpg

Image by fsHH from Pixabay

Itulah beberapa tempat di Makkah yang dapat Anda jadikan daftar tempat untuk belanja oleh-oleh khas umrah. Ternyata, oleh-oleh khas tak hanya kurma, lho! Ada aneka macam pilihan oleh-oleh yang bisa Anda jadikan oleh-oleh untuk keluarga.

Di antaranya, kacang Arab, cokelat Al Hadi, cokelat kerikil, kismis, Madu Khasmir, kacang pistascio, kacang almond, Malban (nougat Lebanon), serta buah tin. Wah, menarik sekali kan? Jenisnya pun sangat bermacam-macam. Anda juga bisa memilih untuk oleh-oleh berupa barang supaya lebih awet. Nah, Anda bisa menemukan oleh-oleh khas tersebut di pasar-pasar yang telah disebutkan di atas.

Terakhir, ada sedikit tips untuk Anda praktekkan ketika berbelanja di pasar-pasar Makkah. Tentunya, Anda ingin mendapatkan oleh-oleh barang yang berkualitas dan harga yang hemat bukan? Berikut tipsnya:

  • Buat Daftar Belanja

Tips yang pertama yaitu membuat daftar belanja. Anda bisa membawa catatan apa saja barang yang ingin Anda beli sesuai kebutuhan, bahkan sebelum perrgi ke Baitullah.

Rencanakan siapa saja yang ingin Anda beri oleh-oleh sepulang dari umrah, berapa banyak yang Anda perlukan, dan tentu saja sesuaikan dengan bagasi yang disediakan. Jangan sampai overload sehingga Anda kesusahan membawa pulang oleh-oleh yang terlanjur Anda belanja di tanah suci. Sayang sekali bukan?

  • Jangan Berpenampilan Mencolok

Saat belanja di pasar Makkah, upayakan berpenampilan sederhana saja, jangan sampai terlalu menarik perhatian karena pedagang pun pasti dapat membaca kondisi Anda. Dengan berpenampilan biasa, Anda tidak akan ditawari dengan harga yang mahal, karena si pedagang akan berfikir bahwa Anda ‘mampu’ membeli barang dengan harga yang tinggi.

  • Sesuaikan Anggaran

Tips berikutnya adalah sesuaikan dengan anggaran yang sudah Anda siapkan dari rumah. Memang, ada banyak sekali barang yang bisa kita beli. Namun, jika Anda tidak membatasinya dengan budget tertentu, bisa jadi Anda akan belanja yang tidak perlu dan akhirnya dana Anda akan habis.

  • Siapkan Uang Riyal

Seperti yang diketahui, mata uang yang digunakan di Arab Saudi adalah Riyal. Anda bisa menukarkan uang rupiah Anda di tempat penukaran uang asinhg sebelum pergi ke tanah suci. Ingat, pastikan sesuai dengan budget ya!

  • Pilih Barang yang Tahan Lama

Yups, selain berbagai macam camilan yang disebutkan di atas, Anda bisa memilih cinderamata seperti permadani, tasbih, miniatur atau hiasan bergambar ka’bah, jilbab, abaya, hingga air zam-zam. Benda-benda tersebut tak terlalu beresiko dibawa ke Indonesia.

  • Tahu Bahasa Arab Meskipun Sedikit

Anda bisa mulai belajar bahasa Arab sederhana yang dapat Anda praktekkan ketika berbelanja di Makkah. Para pedagang tentu ingin mengetahui keinginan Anda, dan akan lebih mudah jika mengetahui apa yang Anda bicarakan. Namun, mayoritas pedagang di pasar Makkah juga cukup mengerti Bahasa Indonesia lho!

Itulah beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar belanja oleh-oleh semakin menyenangkan. Jadi, sudah buat daftar belanja belum? Semoga artikel ini bermanfaat.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id