Cara Daftar Berkunjung ke Raudhah, Kini Harus Pakai Scan Barcode!

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 15 Agustus 2024, 17:33:34

RHTOURNEWS - Dilansir dari saudigazette pada Jum’at (26/01/24), Otoritas Perawatan Masjid Nabawi menekankan untuk prosedur kunjungan Raudhah akan dilakukan melalui platform aplikasi Nusuk yang dimana pengunjung akan diberi tahu tentang langkah-langkah yang harus dilakukan saat melakukan kunjungan. Setelah melakukan pendaftaran dan reservasi kunjungan melalui aplikasi Nusuk, pengunjung akan menerima pesan terkait konfirmasi jadwal kunjungan seta barcode. 

Begitu pengunjung tiba di halaman Masjid Nabawi, pengunjung akan diarahkan melalui layar panduan menuju pintu masuk lalu setelah itu akan diterima oleh staf terlatih dan dipandu melalui tahapan kunjungan. Sebelum menuju Raudhah, pengunjung harus memindai barcode terlebih dahulu melalui gerbang otomatis, lalu menuju ruang tunggu dan kemudian ke grup untuk masuk. 

Memasuki waktu kunjungan, para pengunjung akan diarahkan menuju pintu masuk Raudhah melalui jalur yang tertata dan terstandar. Setelah waktu berkunjung berakhir, pengunjung akan diarahkan ke pintu keluar yang sudah ditentukan. Tindak lanjut juga akan dilakukan melalui sistem digital canggih yang beroperasi melalui kamera dan sensor pintar untuk melacak pola pergerakan masuk dan keluar, serta mengetahui jumlah pengunjung melalui peta termal dan geografis interaktif.

Untuk mendapat ijin kunjungan dan barcode scan ke Raudhah, pengunjung bisa mengikuti langkah-langkah berikut : 

  • Kunjungi aplikasi Appstore lalu tekan unduh. Setelah selesai pilih buka
  • Masuk halaman utama muncul pertanyaan izin akses lokasi, kalender. Pilihan bahasa Arab dan Inggris. "Login" dan "New User". Jika belum pernah, bisa dipilih "New User"
  • Masuk ke pengisian data, pilih kanan atas sebagai visitor. Isi nomor visa, paspor, kebangsaan, nomor telepon, email dan password akun Nusuk. Sudah lengkap, klik tiga pertanyaan di bawahnya lalu tekan register
  •  Sistem kemudian mengirim empat nomor pin via email sebagai aktivasi aplikasi Nusuk
  • Berhasil, saat akan masuk ke aplikasi, sistem kembali mengirim kode verifikasi via email
  • Selesai di menu utama ada pilihan aktivitas. Pilih menu ke Raudhah dibedakan antara perempuan dan laki laki. Seusai dipilih, akan muncul pilihan lagi, klik, dan tinggal pilih tanggal dan jam berkunjung. Jika sudah aplikasi akan mengirim jadwal kunjungan sesuai pilihan. Ini yang digunakan bukti ke askar saat berkunjung ke Raudhah. 

Dengan langkah-langkah tersebut, jadwal kunjungan bisa lebih terakomodir. Untuk pendaftaran bisa dibantu oleh petugas haji saat disana. 

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id