5 Museum Paling Top di Arab Saudi Yang Harus Anda Kunjungi

Kategori : Haji & Umrah, Features, Ditulis pada : 26 Agustus 2024, 16:33:35

RHTOURNEWS - Kerajaan Arab Saudi mulai memperhatikan tujuan destinasi wisata lain di negaranya, termasuk pada minat kunjungan sejarah ataupun keagamaan. Museum menjadi salah satu alternatif tujuan wisata yang peduli dengan warisan lokal di beberapa kerajaan yang terletak di wilayah Arab Saudi. 

Dibawah ini merupakan 5 museum top yang bisa menjadi salah satu tujuan wisata yang anda bisa kunjungi di Arab Saudi : 

1. Museum Nasional Saudi 

Museum ini terkenal dengan membawa setiap pengunjung dalam perjalanan melalui budaya, seni, dan sejarah berabad-abad, dari zaman batu hingga saat ini. Museum ini menampilkan pameran yang interaktif dengan tambahan model miniatur bangunan sehingga akan membawa pengunjung ke Kota Jeddah yang penuh dengan sejarah seperti barang antik, kerajinan tangan yang berabad-abad lalu dan masih banyak lagi. Museum dengan dua lantai yang seluas 28.000 meter persegi ini juga menampilkan kegiatan ekonomi dan komersial di Kerajaan Arab Saudi. 

2. Pusat Kebudayaan Dunia Raja Abdulaziz

Dijuluki “Ithra” karena perannya dalam memperkaya budaya, Pusat Kebudayaan Dunia King Abdulaziz terdapat di gedung dengan 18 lantai dengan gaya melingkar. Tempat ini dibangun menggunakan tabung baja yang berkilau dengan desain yang cukup modern. Tempat ini berfungsi sebagai pusat budaya dengan perpustakaan yang berisi lebih dari 270.000 buku, ruang konser dan galeri. 

3. Museum Tayebat

Museum Tayebat ini berisikan sejarah arsitektur tradisional Hejazi di Kota Tua. Pada tempat ini, para pengunjung dapat membaca manuskrip kuno yang diakui oleh pengembara dan ahli geografi Arab serta belajar tentang sejarah Islam. Museum ini memiliki luas 10.000 meter persegi yang mencakup 12 bangunan serta 300 ruangan.

4. Pusat Teknologi Scitech

Lebih dari 350 pameran interaktif yang bisa dikunjungi oleh seluruh keluarga di Pusat Sains dan Teknologi (Scitech) Sultan bin Abdulaziz. Dalam tempat ini, pengunjung bisa menonton pertunjukan IMAX dan memandangi kehidupan laut dari dalam akuarium, lalu memandangi bintang dan planet di Scitech Astronomical Observatory. Selain itu, pengunjung juga dapat mempelajari tentang peran yang dimainkan teknologi dalam kehidupan kita sehari-hari dan masa depan di Arab Saudi yang terletak di Aula Kreatifitas Teknologi melalui pratinjau online.  

5. Museum Dar Al Madina

Terdapat galeri foto dan model yang menggambarkan Madinah di era yang berbeda serta monumen kuno, busur Sa’d ibn Abi Waqqas, yang merupakan pemanah ahli dan sahabat Nabi Muhammad SAW. Museum ini mengeksplorasi pameran-pameran yang mendokumentasikan perubahan alam dan penduduk Madinah sepanjang sejarah dalam berbagai pameran, seperti pameran sejarah Masjid Nabawi, yang mengulas perkembangan Masjid Nabawi kala itu.

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id