Tahun Depan, Jamaah Haji Umrah Sudah Bisa Belanja Pakai QRIS di Arab Saudi

Kategori : Haji & Umrah, Features, Ditulis pada : 28 Agustus 2024, 10:00:01

qris 2.jpg

RHTOURNEWS - Ada kabar baik bagi Jamaah Haji dan Umrah yang berziarah ke tanah suci karena mulai tahun 2025, jamaah sudah bisa menggunakan QRIS sebagai metode pembayaran untuk berbagai keperluan di Arab Saudi.

Kabar ini disampaikan oleh Kepala BI Sumsel Ricky P Gozali dalam sebuah kesempatan wawancara bersama awak media di Palembang pada Senin (20/08). Ia mengatakan bahwa Pengembangan sistem keuangan non tunai atau cashless menggunakan model pembayaran Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS)  yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia (BI) kini sudah bisa diterapkan di sejumlah negara untuk memudahkan pengguna.

Metode pembayaran melalui QRIS ini sudah aktif di beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand, Malaysia, Singapura. Selanjutnya, Bank Indonesia akan bekerja sama dengan Pemerintah Uni Emirat Arab agar pemakaian cashless QRIS bisa diterapkan disana dan mempermudah digitalisasi keuangan jamaah Haji dan Umroh menggunakan sistem non tunai. 

Kerja sama antara Bank indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi akan diperkuat untuk mempermudah penetrasi ekonomi digital melalui sistem pembayaran non tunai menggunakan QRIS agar bisa segera terealisasi. Targetnya, transaksi melalui QRIS ini sudah bisa diterapkan dengan optimal di tahun 2025, sekaligus menyokong pertumbuhan ekonomi nasional. 

Hal ini dilihat karena berdasarkan catatan Bank Indonesia, penggunaan QRIS di lingkup nasional terus mengalami peningkatan. Hal ini dikarenakan kesadaran masyarakat akan kebutuhan sistem pembayaran yang lebih efektif dan efisien. 

 

 

Sumber :

HIMPUH. 2024. Tahun Depan, Jamaah Haji Umrah Sudah Bisa Belanja Pakai QRIS di Arab Saudi. Diakses tanggal 28 Agustus 2024, dari https://himpuh.or.id/blog/detail/1691/tahun-depan-jemaah-haji-umrah-sudah-bisa-belanja-pakai-qris-di-arab-saudi 

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id