Berniat Berangkat Umrah di Usia Muda? Baca Dulu Tipsnya

Kategori : Umrah, Tips, Ditulis pada : 26 September 2024, 11:00:17

RHTOURNEWS - Banyak anggapan, bahwa menunaikan ibadah haji atau umrah harus saat sudah tua, pensiun, atau menunggu jadi orang kaya lebih dulu. Padahal, tak usah menunggu tua untuk menunaikan umrah. Justru saat masih muda, maka Anda bisa menjalani ibadah dengan maksimal. Mengapa?

Tentu saja, sebab untuk menjalani seluruh kegiatan pada rangkaian ibadah umrah, dibutuhkan banyak tenaga dan kondsi badan yang kuat. Mumpung masih muda, sehat, segar bugar, Anda dapat mulai merencanakan untuk menunaikan ibadah umrah ke tanah suci. Mulailah dengan berniat kuat untuk berangkat umrah saat masih muda.

18.jpg

Image by cytis from Pixabay

Jangan berputus asa, melihat daftar tunggu haji yang masih panjang. Tetap lakukan usaha supaya Allah mengundang Anda dengan jalan yang ajaib. Contohnya dengan membuat rencana kapan akan melaksanakan perjalanan ibadah umrah. Banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendekatkan cita-cita pergi ke tanah suci. Inilah beberapa tips yang dapat Anda kerjakan agar bisa berangkat umrah saat masih muda. Yuk simak sampai akhir!

Memantaskan Diri Melaksanakan Ibadah Umrah

Hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah niat. Niat yang tulus untuk melaksanakan umrah. Perlu dipahami bahwa pergi ke tanah suci merupakan undangan dari Allah SWT. Bukan masalah pria atau wanita, tua atau muda, kaya atau miskin, namun seberapa kesungguhan Anda untuk memantaskan diri di depan Allah SWT.

sehingga, Anda harus mengimbangi niat tersebut dengan ikhtiar untuk memantaskan diri. contohnya, cek seberapa besar keinginan Anda untuk pergi umrah, mulai membenahi ibadah-ibadah yang wajib, memperbanyak ibadah sunnah lebih sering, memudahkan urusan orang lain dan seterusnya. Sehingga Allah akan menilai kita pantas untuk menjalani ibadah yang lebih istimewa lagi yaitu beribadah di Baitullah.

Mempelajari Tentang Persiapan Umrah

Selanjutnya, Anda coba untuk mempelajari tentang apa saja yang perlu Anda persiapkan untuk umrah. Mulai dari belajar tentang rukun umrah, apa saja yang dilakukan ketika di Baitullah, belajar tentang\menghafalkan bacaan doa yang dibaca saat umrah dan seterusnya.

Anda juga bisa mengulik informasi hal teknis tentang cara ibadah umrah, menyiapkan dokumen, membuat paspor, mencari biro travel umrah, bagaimana alur perjalanan selama di tanah suci dan lain-lain. Informasi yang lengkap dapat membantu Anda agar lebih terarah.

Anda bisa menggali informasi tentang ibadah umrah melalui pencarian di internet, ataupun bertanya kepada saudara yang pernah melaksanakan ibadah umrah.

Membuka Tabungan Khusus Umrah

Umrah merupakan ibadah yang agak berbeda dengan ibadah lainnya, terutama mengenai biaya perjalanan untuk pergi ke tanah suci yang tentu saja cukup relatif. Sebagai milenial, tentunya Anda memiliki prioritas yang berbeda dalam mengalokasikan penghasilan yang Anda dapatkan. Banyak kebutuhan lain yang saat ini mungkin menjadi hal yang lebih prioritas untuk Anda dahulukan.

pexels-karolina-grabowska-4386421 (1).jpg

Foto oleh Karolina Grabowska dari Pexels

Bukan berarti, Anda tidak bisa menjalani ibadah umrah di usia muda. Ketika Anda berniat untuk umrah, usahakan pula untuk memikirkan bagaimana agar Anda bisa mencapainya. Anda bisa mulai membuka tabungan umrah di lembaga keuangan yang Anda percaya.

Saat ini, ada banyak lembaga keuangan yang menyediakan layanan pembuatan tabungan khusus haji dan umrah. Tentunya Anda akan lebih terbantu karena ‘dipaksa’ menabung untuk mencapai tujuan Anda melaksanakan ibadah umrah ke tanah suci. Yaitu dengan menyimpan sejumlah dana tertentu sesuai rencana.

Menetapkan Waktu Terbaik untuk Umrah

Selanjutnya Anda dapat menentukan waktu terbaik untuk pergi umrah. Bisa juga menyesuaikan jadwal Anda saat ini. Akan tetapi, sebaiknya Anda mengetahui waktu-waktu terbaik untuk melaksanakan umrah di tanah suci karena kondisi iklimnya yang cukup berbeda dengan di Indonesia.

Terdapat beberapa waktu terbaik yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah:

  • Bulan Ramadhan

Pada hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, Rasulullah SAW bersabda, “Jika Ramadhan tiba, berumrahlah pada saat itu. Sebab umrah waktu Ramadhan senilai dengan ibadah haji.” Tentunya, Anda juga dapat merasakan bagaimana suasana bulan suci di tanah suci yang membuat ibadah Anda semakin terasa berkesan.

  • Antara Bulan Maret-Mei

Seperti yang diketahui, iklim di Makkah dan Madinah jauh beda dengan di Indonesia. Pada bulan Maret-Mei merupakan waktu yang baik untuk Anda berangkat umrah karena pada bulan tersebut cuaca sedang sehingga terasa nyaman dan lebih fokus untuk melaksanakan ibadah umrah.

  • Pada Awal dan Akhir Tahun

Baik awal maupun akhir tahun, menjadi saat yang pas untuk Anda ‘beristirahat’. Melakukan refleksi diri guna mengevaluasi bagaimana setahun terakhir juga sebagai motivasi untuk memulai awal baru yang lebih baik. Tentunya, juga dalam rangka lebih dekat kepada Allah SWT. Tak heran bila pada pergantian tahun adalah momen yang diminati untuk melakukan perjalanan umrah.

  • Sebelum dan Sesudah Musim Haji

Nah, pada waktu sebelum dan setelah musim Haji, kondisi di Baitullah cukup lengang. Anda bisa merencanakan umrah pada waktu itu agar Anda bisa beribadah dengan khusyu tanpa harus berdesak-desakan. Momen seperti mencium hajar aswad ataupun berdoa di Hijr Ismail juga tak akan terlewat.

Memilih Travel Umrah Terpercaya

Biasanya, untuk melakukan perjalanan haji maupun umrah, memerlukan bantuan biro perjalanan atau travel umrah. Apalagi bagi Anda yang baru pertama kali melaksanakan umrah, penting memilih travel umrah yang terbaik.

19.jpg

Photo by MichaƂ Parzuchowski on Unsplash

Anda dapat menggali informasi dari website, bertanya langsung ke kantor biro umrah di kota Anda, ataupun rekomendasi dari teman atau saudara yang sudah menggunakan biro jasa travel umrah tertentu. Hal ini untuk menghindari dari travel umrah bermasalah yang dapat menghambat perjalanan ibadah umrah Anda.

Beberapa Hal yang Sebaiknya Dihindari

Terakhir, ada beberapa hal yang harus Anda hindari ketika Anda berniat untuk umrah. Karena tujuan utama dari umrah adalah semata-semata beribadah kepada Allah dalam rangka mendekatkan diri kepada-Nya. Antara lain:

  • Melaksanakan ibadah umrah dengan tujuan untuk bersenang-senang, karena mampu untuk melaksanakannya. Ingat, umrah bukanlah sekedar mengunjungi tempat wisata atau plesir.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan riya’ atau pamer. Ibadah umrah merupakan ibadah fisik yang sangat berpotensi untuk ditunjukkan kepada orang lain. Mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Namun, bagi orang-orang yang Allah berikan kelebihan harta, sangat mudah untuk berangkat umrah ke tanah suci. Oleh karena itu, selalu luruskan niat, supaya tidak hanya sekedar untuk riya’.
  • Melaksanakan umrah dengan tujuan mencari untung. Hindarilah melakukan ibadah umrah hanya semata-mata mendapat keuntungan dunia, misalnya dengan berdagang. Pastikan niat Anda benar-benar murni untuk ibadah kepada Allah SWT.
  • Memaksakan diri agar bisa melaksanakan umrah. Ibadah umrah adalah untuk siapa saja yang mampu, jadi tidak perlu memaksakan diri untuk berangkat umrah apabila memang belum cukup. Hal ini justru bisa menyusahkan diri sendiri dan juga orang lain.

Nah, itulah tadi beberapa tips yang dapat Anda lakukan agar bisa berangkat umrah di usia muda. Tidak ada salahnya mulai merencanakan untuk pergi umrah dari hari ini. Selamat mencoba!

Chat Dengan Kami
built with : https://safar.co.id